Tips Bekerja Sama dengan Penyedia Jasa Desain Interior

Banyak orang yang berpikir bawa jasa desain interior hanyalah mementingkan nilai estetis di dalam rumah. Misalnya seperti warna dinding, bentuk jendela, serta pola bantal. Padahal, penyedia jasa desain interior dapat memastikan sebuah ruangan terlihat sesuai dan harmonis. Mereka tidak hanya membuat interior yang indah, namun juga dapat berfungsi dengan efektif. Interior yang didesain juga akan disesuaikan dengan gaya hidup serta suasana dan struktur bangunan rumah. Mereka juga dapat memastikan agar interior tidak memerlukan banyak listrik serta mendapatkan ventilasi yang cukup. Tidak heran, interior designer seringkali bekerja sama dengan seniman, supplier furniture, serta profesi lainnya yang terkait dengan desain interior.


Desain interior yang baik akan membuat memberikan kepuasan sendiri bagi pemiliknya. Oleh karena itu, kita harus mencari penyedia jasa yang terlatih dan kreatif. Agar proses desain interior berjalan lancar, simaklah tips bekerja sama dengan interior designer.

Menyewa jasa desain interior
Kita mungkin dapat membayangkan sendiri seperti apa interior yang kita inginkan. Namun, penyedia jasa desain interior dapat mewujudkan hal yang kita bayangkan tersebut. Mata mereka sudah terlatih untuk melihat desain yang sesuai. Selain itu, mereka juga memiliki pola pikir kreatif yang mungkin saja tidak terpikir oleh kita. Penyedia jasa desain interior tidak hanya melihat desain secara garis besar saja. Mereka juga akan memperhatikan hal-hal yang kecil.

Biaya jasa desain interior yang diperlukan
Jasa desain interior membutuhkan biaya yang berbeda-beda. Terdapat penyedia jasa yang memasang tarif per jam maupun tarif berdasarkan kesulitan proyek. Biaya yang ditawarkan tentu beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Selain itu, biaya desain interior juga dapat diambil dari total biaya proyek. Misalnya seperti 15% ataupun 20% dari biaya total. Apabila memiliki budget terbatas, kita dapat menyewa jasa desain interior berdasarkan jam konsultasi.

Tempat mencari penyedia jasa desain interior
Sekarang ini, kita dapat dengan mudah mencari penyedia jasa desain interior melalui internet. Kita cukup mencarinya berdasarkan tempat tinggal kita maupun mencarinya di website penyedia jasa. Selain itu, kita juga dapat mencari tahu mengenai kantor desain interior terdekat dari rumah kita. Untuk cara konvensional lainnya, kita juga dapat meminta rekomendasi dari teman maupun keluarga kita. Tanyakanlah siapa designer interior yang merancang interior rumah mereka.

Memastikan interior desiner sesuai dengan gaya interior yang kita inginkan
Setiap konsumen memiliki desain interior favoritnya masing-masing. Penyedia jasa haruslah bersikap profesional dan menyesuaikan pekerjaan mereka dengan selera konsumen. Namun, ada baiknya kita juga mencari penyedia jasa yang sudah ahli dengan desain kesukaan kita. Apabila kita menyukai penggunaan warna cerah dan netral, janganlah memilih designer yang terbiasa menggunakan pilihan warna-warna tegas. Agar lebih memahami karakter interior designer, ajukanlah beberapa pertanyaan singkat ketika bertemu dengannya.

Mengumpulkan contoh interior yang disukai
Terkadang, kita merasa kesulitan mengutarakan interior apa yang kita sukai. Untuk mengatasinya, cobalah mengumpulkan beberapa contoh interior yang kita suka. Penyedia jasa desain interior akan melihatnya dan menggunakannya sebagai acuan untuk proyek kita.

Memutuskan barang-barang apa saja yang tidak boleh dipindahkan
Ketika melakukan renovasi rumah, mintalah interior designer untuk mengunjungi kita. Beritahukan mereka barang-barang apa saja yang tidak boleh dipindahkan. Mereka akan menyesuaikan desain yang mereka buat dengan keberadaan barang-barang tersebut.

Menyewa jasa desain interior secepat mungkin ketika proses pembuatan rumah
Jika kita merenovasi atau membuat rumah dari awal, libatkan interior designer pada tahap perencanaannya. Dengan begitu, interior designer dapat bekerja sama dengan arsitek maupun kontraktor. Proyek kitapun akan berjalan lebih lancar karena ketiga pihak dapat berkoordinasi dengan baik. Kesalahan-kesalahan pembangunan juga dapat dihindari.

Menyesuaikan desain interior dengan kebutuhan seluruh penghuni rumah
Melibatkan seluruh penghuni rumah dalam rencana desain interior akan mencegah konflik ketika interior sudah didesain. Misalnya saja seperti pilihan warna, pajangan di ruang tamu, serta jenis meja makan yang digunakan. Diskusikan segala detail interior di awal pembuatan desain.

Meminta klarifikasi mengenai prosedur pembayaran
Cari tahulah metode pembayaran dan hal apa saja yang dapat menjadi biaya tambahan. Misalnya saja seperti uang transportasi, survei, serta konsultasi. Tanyakan juga apakah kita mendapatkan diskon untuk pembelian perlengkapan di rumah. Hal ini akan membuat kita dapat mengantisipasi apabila dibutuhkan biaya tambahan.

Berpikiran terbuka
Sangatlah jarang ada konsumen yang menyukai desain interiornya secara keseluruhan. Mungkin saja ada furniture atau pola wallpaper yang kita kurang sukai. Apabila mengalaminya, cobalah untuk bertanya mengapa mereka menggunakan desain tersebut. Janganlah langsung mengganti hal yang tidak kita sukai. Siapa tahu, hal tersebut malah bermanfaat untuk kita.

Meminta penyedia jasa untuk memberikan saran lagi di kemudian hari
Desain interior terbaik sekalipun tidak akan bisa bertahan selamanya. Mintalah penyedia jasa untuk berkunjung pada beberapa tahun ke depan. Konsultasikan dengan mereka mengenai hal-hal apa saja yang nantinya bisa diganti atau diperbaiki.

Sumber: https://www.houzz.com/ideabooks/3293842/list/how-to-work-with-an-interior-designer