Cara Membibitkan Cabe Di Halaman Rumahan

Cabe terbukti adalah tipe sayuran yang sangat diperlukan sehari-hari khususnya untuk membikin sambal. Apalagi orang Indonesia yang sangat menyukai sambal, bila makan tanpa sambal serasa hambar ada yang tak lebih hehehe. Tetapi sayangnya harga cabe tak jarang berfluktuatif, kadang standar tapi kadang tinggi banget. Untuk menyiasati harga cabe yang mahal betapa baiknya Kamu menanam sendiri cabe di pekarangan rumah.

 

Cabe biasa ditanam melewati bijinya. Kamu bisa dengan mudah menanam cabe dari biji cabe yang kami beli dari tukang sayur alias pasar alias bila ingin hasilnya lebih bernilai, Kamu bisa membikin bibit sendiri dari biji cabe opsi alias membelinya dari toko pertanian. Yang butuh diingat bahwa nilai benih bakal menentukan nilai hasil panen.

 

Pastikan tanaman cabe yang bakal kami buat benih sendiri mempunyai keseragaman pertumbuhan dilapangan, meliputi keseragaman tinggi tanaman, bentuk batang, bentuk daun, warna bunga serta bentuk buah cabe. Cabe yang dihasilkan dari tanaman yang tak mempunyai keseragaman jangan dipakai untuk membikin benih sebab nantinya nilai buah yang dihasilkan menjadi tak lebih baik.

Petik buah cabe yang telah sangatlah tua dengan warna merah dengan ukuran serta bentuk buah yang seragam, buah yang sehat serta tak terserang hama penyakit.

Sayat setiap cabe dengan hati-hati supaya tak melukai biji cabe serta pastinya tak melukai tangan kita.

Ambil biji cabe tersebut, lalu cuci bersih dengan air bersih hingga terpisah dari kotoran daging buah cabe tersebut.

Rendam benih cabe dalam air bersih serta ambil benih yang tenggelam saja. Benih cabe yang terapung bakal mempunyai pertumbuhan yang tak lebih baik jadi lebih baik kami buang saja.

Jemur benih cabe, hindarkan sinar matahari langsung, Kamu bisa menjemur di bawah atap yang tak terlalu terang.

Seusai benih cabe bebar-benar kering maka benih tsb bisa dipakai untuk proses selanjutnya yaitu penyemaian serta penanaman.

Dengan tutorial membikin benih cabe di atas, Kamu bisa menjual bibit cabe tsb alias memakainya sendiri.

Biasanya kami menanam cabe dengan tutorial sederhana yaitu menebar biji cabe di pot dengan media tanah serta menantikan berhari-hari hingga tanaman tsb tumbuh. Hasilnya kadang tumbuh serta kadang tak hehehe. Bila benih tersebut ditanam langsung dari sisa cabe bekas makan gorengan sih sebenarnya “nothing to lose” juga tapi bila benih cabe tsb kami beli dengan harga yang mahal jadinya sedih serta sangat disayangkan duit serta tenaga hilang dengan percuma.

Terbukti betul tak ada garansi bahwa penanaman cabe dari benih bernilai bakal tumbuh semua tapi yang wajib kami perbuat adalah meminimalkan hal kegagalan.

Cara Menanam Cabe Metode 1

Gunakan kertas tisu berbagai lembar, lalu basahi dengan air.
Tebar berbagai biji cabe diatas kertas tisu tersebut.
Tutup lembaran tisu yang telah berisi biji cabe tadi lalu basahi / tetesi dengan air.
Masukkan tisu tersebut kedalam box plastik serta tutup rapat.
Tunggu kemarin hari, hingga biji tersebut tumbuh (berkecambah)
Pindahkan bibit yang telah tumbuh dengan hati-hati serta taruh di media tanam.

Cara Menanam Cabe Metode 2

Letakkan kapas yang telah dibasahi air ke dalam gelas bekas minuman kemasan.
Tabur berbagai biji cabe diatas kapas tersebut
Tutup cup plastik itu
Masukkan kedalam kulkas (bukan di freezer)
Tunggu hingga biji tumbuh berkecambah
Pindah bibit yang berkecambah tsb dengan hati-hati serta taruh di media tanam.

 

Pembibitan cabe, pembibitan cabe rawit, pemibitan cabai, Tutorial memisahkan biji cabe dengan kotorannya ala rumahan, pembibitan cabe merah, pembibita, pembibi, memisahkan biji rawit tak sedikit, membibitan cabe, langkah labgkah menyemai cabe rumahan